Senin, 09 Februari 2015

Operator NUPTK PADAMU harus bisa Login Admin / Operator dengan Email

Kepada Yth.
Operator Lembaga RA, MI, MTs dan MA
se-Kab. Magetan

Mulai bulan April 2014 Telkom SIAP Online memberlakukan kebijakan bahwa seluruh pengguna bukan institusi diharuskan menggunakan email untuk mempermudah akunnya dalam menggunakan/operasional layanan SIAP Online termasuk PADAMU Negeri. Jika nanti mengalami kehilangan password dapat dilakukan reset password melalui email.

Maka dari itu akun institusi sekolah yang berupa angka NPSN/SIAP ID hanya bisa digunakan untuk mengelola akun yang ada dibawah naungan sekolah tersebut, yaitu akun Admin Sekolah, PTK dan Siswa. Operator yang belum bisa login dengan email ikuti petunjuk dibawah ini:

1. Pastikan anda sudah punya Email, baik itu melalui Gmail maupun Ymail, akan tetapi saran saya lebih baik anda menggunakan Gmail (pengalaman saja)

2. Isikan alamat email di https://paspor.siap-online.com/registrasi/ 
atau Login Admin / Operator Sekolah kemudian KLIK Mendaftar


3. Kemudian Setelah anda mendaftar, maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini, dan masukkan EMAIL anda yang baru dan klik LANJUT



4. Setelah anda menekan tombol LANJUT maka anda akan di minta untuk mengisi data pribadi Operator seperti gambar di bawah ini, dengan mengisi nama, jenis kelamin, tanggal lahir dan mengisi pilihan, apakah anda seorang guru, operator dan lain-lain sesuaikan saja, setelah selesai maka pilih LANJUT untuk menuju ke tahapan selanjutnya.



5. Langkah selanjutnya adalah anda diminta untuk mengisi PASSWORD dan KODE KEAMANAN



6. Setelah anda mengisi dan membuat password tersebut, maka tekan tombol LANJUT dan anda akan melihat tampilan seperti gambar di bawah ini.



7. Untuk mendapatkan Kode Aktivasi ini anda harus membuka EMAIL yang di gunakan untuk mendaftar tadi, dan lihat Inbox anda, akan ada email dari TELKOM SIAP ONLINE. Seperti gambar di bawah ini (Lihat Kotak Merah Besar) di sana ada sebuah Link yang harus anda buka untuk melengkapi pendaftaran anda di akun PADAMU NEGERI, jadi anda tidak perlu mengcopy paste kode aktivasi yang ada di dalam email tersebut, cukup hanya mengklik link itu maka secara otomatis anda akan di arahkan ke layanan SIAP PADAMU NEGERI.



8. Setelah anda mengklik Link tersebut, maka SELAMAT akun Operator sudah aktif setelah anda mendapatkan pesan seperti gambar di bawah ini



9. Penambahan Anggota Grup Admin / Operator Sekolah
Login Admin / Operator Sekolah masukkan angka NPSN/SIAP ID



10. Setelah login, maka anda akan ditampilkan halaman seperti dibawah ini. Lakukan klik Kelola Akun Institusi 


11. Pilih menu Kelola Grup Akun > Daftar Anggota Grup Admin
12. Klik icon Tambah (+)
13. Masukkan email pribadi Admin Sekolah, kemudian klik tombol Cek Email. Pastikan email sudah terdaftar di layanan SIAP Komunitas, jika belum terdaftar silakan didaftarkan terlebih dahulu ke https://paspor.siap-online.com/registrasi/

14. Jika email sudah benar dan terdaftar di SIAP Komunitas maka akan dimunculkan biodata dari pemilik akun tersebut, klik tombol Simpan.

15. Cetak Surat Akun dan lakukan aktivasi sesuai perintah yang tertera pada Surat Akun tersebut.

16. Lakukan LOGOUT / KELUAR (caranya klik pojok kanan atas).
Kunjungi http://padamu.siap.web.id pilih Login Admin / Operator Sekolah dan lakukan login dengan menggunakan email pribadi Admin Sekolah yang telah anda tambahkan tadi. Akan dimunculkan Dasbor Layanan, pilih PADAMU SEKOLAH.

17. Masukkan Kode Aktivasi yang terdapat pada Surat Akun, kemudian klik tombol Aktivasi.
Bagi operator sekolah yang belum melakukan pembaharuan halaman Padamu Negerinya, maka segeralah melakukan pembaharuan dan update data PTK di Padamu Negeri, untuk validasi data PTK terbaru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DAPAT DI AKSES PADA .. https://drive.google.com/file/d/1501wk3zdobQNq6NaVUIgvHwIBuqkUGX3/view?usp=sharing